Rabu, 18 Januari 2017

RPP Agama Kristen SMP Negeri 1 Pangururan Kelas VIII Semester Ganjil



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 1

Sekolah                                   : SMP NEGERI 1 PANGURURAN
Mata Pelajaran                        : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester                        : VIII/I

A. Standar Kompetensi
1. Nilai-nilai Kristiani
    Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan hidup beriman dan berpengharapan
B. Kompetensi Dasar
1.1.Hidup bersyukur dalam segala situasi
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
  • Menjelaskan pengertian bersyukur
  • Menjelaskan makna hidup beryukur
  • Menjelaskan arti bersyukur yang Alkitabiah
  • Menyebutkan sikap hidup orang bersyukur kepada Allah
  • Menjelaskan hal –hal yang menyebabkan manusia mampu mengucap syukur
  • Menyebutkan alasan-alasan orang beriman selalu bersyukur kepada Allah
  • Menjelaskan hakekat manusia segambar dan serupa dengan Allah
  • Menjelaskan maksud dari Matius 5:43-44
D. Alokasi Waktu                   : 2  Jam pelajaran ( 1 X pertemuan)
E. Tujuan Pembelajaran
  • Melalui diskusi tentang Hidup Bersyukur dan Alasan hidup Bersyukur Siswa dapat Menjelaskan pengertian bersyukur
  • Melalui Tanya jawab tentan Hidup Bersyukur dan Alasan hidup Bersyukur Siswa dapat Menjelaskan makna hidup beryukur
  • Melalui Tanya jawab tentan Hidup Bersyukur dan Alasan hidup Bersyukur Siswa dapat Menjelaskan arti bersyukur yang Alkitabiah
  • Melalui Tanya jawab tentan Hidup Bersyukur dan Alasan hidup Bersyukur Siswa dapat Menyebutkan sikap hidup orang bersyukur kepada Allah
  • Melalui Tanya jawab tentan Hidup Bersyukur dan Alasan hidup Bersyukur Siswa dapat Menjelaskan hal –hal yang menyebabkan manusia mampu mengucap syukur
  • Melalui Tanya jawab tentan Hidup Bersyukur dan Alasan hidup Bersyukur Siswa dapat Menyebutkan alasan-alasan orang beriman selalu bersyukur kepada Allah
  • Melalui Tanya jawab tentan Hidup Bersyukur dan Alasan hidup Bersyukur Siswa dapat Menjelaskan hakekat manusia segambar dan serupa dengan Allah
  • Melalui Tanya jawab tentan Hidup Bersyukur dan Alasan hidup Bersyukur Siswa dapat Menjelaskan maksud dari Matius 5:43-44
F. Materi Pembelajaran
  1. Hidup Bersyukur dan Alasan hidup Bersyukur
G. Metode Pembelajaran
Ø  Diskusi
Ø  Inquiri
Ø  Tanya jawab
Ø  Simulasi
Ø  Observasi/Pengamatan
H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No
Kegiatan
Waktu
1


















2




























3
Kegiatan Pendahuluan
Informasi
§  Guru dating tepat waktu (contoh nilai yang ditanamkan : disiplin)
§  Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada peserta didik ketika memasuki ruang kelas (relegius)
§  Berdoa bersama yang dipimpin oleh siswa yang ditunjuk , serta mendoakan teman yang tidak masuk/hadir karena sakit atau karena halangan lainnya(disiplin, relegius, peduli)
§  Mengabsen setiap peserta didik (disiplin)
  • Penyampaian KD, Indikatot/Tujuan pembelajaran  yang akan dicapai dan juga KKM (70) (disiplin, bertanggung jawab,patuh pada aturan)
§  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus (disiplin)
  • Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran, serta kebersihan kelas (bertanggung jawab, disiplin)
Apersepsi
  • Sesering mungkinkah kita bersyukur kepada Tuhan ?
Motivasi
  • Mengapa kita harus bersyukur kepada Tuhan ?
Kegiatan Inti
Eksplorasi
  • Peserta didik Menjelaskan pengertian bersyukur ( kreatif, kritis )
  • Peserta didik Menjelaskan makna hidup beryukur ( kreatif, berfikir logis, kritis )
  • Peserta didik Menjelaskan arti bersyukur yang Alkitabiah (kreatif, berfikir logis, kritis )
  • Peserta didik Menyebutkan sikap hidup orang bersyukur kepada Allah (kreatif, berfikir logis, kritis )
  • Peserta didik Menjelaskan hal –hal yang menyebabkan manusia mampu mengucap syukur (kreatif, kritis )
§  Peserta didik Menyebutkan alasan-alasan orang beriman selalu bersyukur kepada Allah (kreatif, berfikir logis, kritis )
  • Peserta didik Menjelaskan hakekat manusia segambar dan serupa dengan Allah (kreatif, kritis )
§  Peserta didik Menjelaskan maksud dari Matius 5:43-44 (kreatif, berfikir logis, kritis )
Elaborasi
§  Peserta didik memberikan contoh perbuatan sebagai ucapan syukur kepada Tuhan ( percaya diri, kritis, kreatif )
§  Guru memberikan penegasan kepada peserta didik untuk senantiasa mengucap syukur dalam segala hal ( saling menghargai )
Konfermasi
§  Guru menanyakan kepada peserta didik mengenai materi yang telah disampaikan untukmengetahui kompetensi telah tercapai atua belum ( mandiri,percaya diri )
§  Guru menjelaskan tentang materi pembelajaran (peduli, santun )
§  Guru memberikan tugas tertruktur kepada peserta didikmengenai materi pembelajaran ( mandiri,bertanggung jawab, disiplin, kreatif )
Kegiatan Penutup
§  Guru bersama peserta didik menyimpulkan materi yang telah dibahas ( kerjasama, saling menghargai, percaya diri )
§  Guru memberikan tugas tertruktur tentang materi yang telah disampaikan ( kerjasama, kreatif )
§  Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
§  Berdoa pada akhir pelajaran yang dipimpin oleh peserta didikyang ditunjuk ( percaya diri, mandiri )
10 menit


















60 menit




























10 menit
I. Sumber dan Media Pembelajaran
Ø  Alkitab
Ø  Buku Cermin Remaja Kelas 8
Ø  Kamus Besar Bahasa Indonesia
Ø  LKS Jamrut Kelas 8
Ø  Sahabat Sejati kelas 8
J. Penilaian  Hasil Belajar
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

  • Menjelaskan pengertian bersyukur
  • Menjelaskan makna hidup beryukur
  • Menjelaskan arti bersyukur yang Alkitabiah
  • Menyebutkan sikap hidup orang bersyukur kepada Allah
  • Menjelaskan hal –hal yang menyebabkan manusia mampu mengucap syukur
  • Menyebutkan alasan-alasan orang beriman selalu bersyukur kepada Allah
  • Menjelaskan hakekat manusia segambar dan serupa dengan Allah
  • Menjelaskan maksud dari Matius 5:43-44
Tes Tertulis
Tes Uraian
  1. Apakah yang dimaksud bersyukur? Jelaskan !
  2. Mengapa manusia kadang kala tidak mampu mengucap syukur? Jelaskan !
  3. Sebutkan alasan orang percaya selalu bersyukur kepada Tuhan?
  4. Secara Alkitabiah apakah arti bersyukur/ Jelaskan !
  5. Jelaskan maksud dari Matius 5:43-44!

Kunci Jawaban :
1.      Bersyukur adalah berterimakasih
2.      Karena manusia kurang percaya kepada Tuhan
3.      Karena penggembalaan
Perlindungan Tuhan
Pemeliharaan Tuhan
4.      Bersyukur adalah berterimakasih kepada Tuhan atas berkat-berkat yang telah dilimpahkan kepada manusia
5.      Kita di haruskan mengasihi sesame kita


K. Norma Penilaian
No Soal
Skor
1
2
2
2
3
2
4
2
5
2
        Nilai = Jumlah Skor x 10
                 = 10 x 10
                 = 100
L.  Format Penilaian Diskusi
No
Nama
Aspek
Skor
Nilai
Ket
1
2
3
4














A. Keterangan Aspek                                                 B. Skor
1. Keaktifan                                                                1. Sangat kurang
2. Penguasaan materi                                                  2. Kurang
3. Kerjasama                                                               3. Cukup
4. Kedisiplinan                                                            4. Baik
                                                                                    5. Sangat baik

Pangururan,   Juli 2016
Mengetahui
Kepala SMP NEGERI 1 PANGURURAN                           Guru Pendidikan Agama Kristen



 Teksin Oberia Simbolon, S.Pd                                               Nicolaus Sihotang, S.Pd.K
NIP. 196910021994122001                                                   NIP.-






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 2


SMP                                        : SMP NEGERI 1 PANGURURAN
Mata Pelajaran                        : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester                        : VIII/I


A. Standar Kompetensi
1. Nilai-nilai Kristiani
    Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan hidup beriman dan berpengharapan
B. Kompetensi Dasar
1.2.Hidup bersyukur dalam segala situasi
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
  • Dapat menyebutkan kelebihan-kelebihan diri sendiri
  • Dapat membandingkan kelebihan-kelebihan diri sendiri dengan sesame
  • Menyebutkan kelemahan-kelemahan diri sendiri
  • Membandingkan kelemahan-kelemahan diri sendiri dengan sesame
  • Menyebutkan manfaat dari kelebihan-kelebihan diri sendiri
  • Menyebutkan tindakan-tindakan untuk mengatasi kelemahan atau keterbatasan diri kepada teman-temannya dalam kelompoknya
D. Alokasi Waktu                   : 4  Jam pelajaran ( 2  X pertemuan)
E. Tujuan Pembelajaran
  • Melalui tanya jawab tentang kelebihan dan kekuranganku, Siswa Dapat menyebutkan kelebihan-kelebihan diri sendiri
  • Melalui tanya jawab tentang kelebihan dan kekuranganku,Siswa Dapat membandingkan kelebihan-kelebihan diri sendiri dengan sesame
  • Melalui tanya jawab tentang kelebihan dan kekuranganku,Siswa dapat Menyebutkan kelemahan-kelemahan diri sendiri
  • Melalui tanya jawab tentang kelebihan dan kekuranganku,Siswa dapat Membandingkan kelemahan-kelemahan diri sendiri dengan sesame
  • Melalui tanya jawab tentang kelebihan dan kekuranganku,Siswa dapat Menyebutkan manfaat dari kelebihan-kelebihan diri sendiri
  • Melalui tanya jawab tentang kelebihan dan kekuranganku,Siswa dapat Menyebutkan tindakan-tindakan untuk mengatasi kelemahan atau keterbatasan diri kepada teman-temannya dalam kelompoknya
F. Materi Pembelajaran
2.   Kelebihan dan Kelemahanku
G. Metode Pembelajaran
Ø  Diskusi
Ø  Inquiri
Ø  Tanya jawab
Ø  Simulasi
Ø  Observasi/Pengamatan
H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
     Pertemuan Pertama 2 Jam Pelajaran ( 1 x pertemuan )
No
Kegiatan
Waktu
1




















2
Kegiatan Pendahuluan
Informasi
§  Guru dating tepat waktu (contoh nilai yang ditanamkan : disiplin)
§  Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada peserta didik ketika memasuki ruang kelas (relegius)
§  Berdoa bersama yang dipimpin oleh siswa yang ditunjuk , serta mendoakan teman yang tidak masuk/hadir karena sakit atau karena halangan lainnya(disiplin, relegius, peduli)
§  Mengabsen setiap peserta didik (disiplin)
  • Penyampaian KD, Indikatot/Tujuan pembelajaran  yang akan dicapai dan juga KKM (70) (disiplin, bertanggung jawab,patuh pada aturan)
§  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus (disiplin)
  • Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran, serta kebersihan kelas (bertanggung jawab, disiplin)
Apersepsi
  • Siapakah yang merasa memiliki kelebihan dalam diri kalian ?
Motivasi
§  Bagaimana sikap kalian setelah tau kelebihan yang kalian miliki ?


Kegiatan Inti
Eksplorasi
§  Peserta didik menyebutkan kelebihan-kelebihan diri sendiri ( percaya diri, kreatif, kritis )
§  Peserta didik membandingkan kelebihan-kelebihan diri sendiri dengan sesame ( saling menghargai, kreatif, kritis )
Elaborasi
§  Peserta didik membuat daftar dan menuliskan setiap kelebihan yang mereka miliki ( percaya diri, jujur )
§  Setelah membuat daftar kelebihan masing –masing peserta diri mengamati teman sebangkunya dan menuliskan kelebihan teman sebangkunnya ( mandiri, saling menghargai, kreatif, kritis )
§  Peserta didik diminta untuk mengungkapkan perasaan mereka setelah mengetahui kelebihan mereka tidak sama dengan teman sebangkunya ( kreatif, kritis, saling menghargai )
Konfermasi
§  Guru menanyakan kepada peserta didik mengenai materi yang telah disampaikan untukmengetahui kompetensi telah tercapai atua belum ( mandiri,percaya diri )
§  Guru menjelaskan tentang materi pembelajaran (peduli, santun )
§  Guru memberikan tugas tertruktur kepada peserta didikmengenai materi pembelajaran ( mandiri,bertanggung jawab, disiplin, kreatif )
15 menit




















65 menit
 Pertemuan Kedua  2 Jam Pelajaran ( 1 x pertemuan )
E. Tujuan Pembelajaran
  • Melalui Tanya jawab tentang Kelebihan dan Kelemahanku Siswa dapat Menyebutkan kelemahan-kelemahan diri sendiri
  • Melalui Tanya jawab tentang Kelebihan dan Kelemahanku Siswa dapat Membandingkan kelemahan-kelemahan diri sendiri dengan sesame
  • Melalui Tanya jawab tentang Kelebihan dan Kelemahanku Siswa dapat Menyebutkan manfaat dari kelebihan-kelebihan diri sendiri
  • Melalui Tanya jawab tentang Kelebihan dan Kelemahanku Siswa dapat Menyebutkan tindakan-tindakan untuk mengatasi kelemahan atau keterbatasan diri kepada teman-temannya dalam kelompoknya
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No
Kegiatan
Waktu
1




















2
























3

Kegiatan Pendahuluan
Informasi
§  Guru dating tepat waktu (contoh nilai yang ditanamkan : disiplin)
§  Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada peserta didik ketika memasuki ruang kelas (relegius)
§  Berdoa bersama yang dipimpin oleh siswa yang ditunjuk , serta mendoakan teman yang tidak masuk/hadir karena sakit atau karena halangan lainnya(disiplin, relegius, peduli)
§  Mengabsen setiap peserta didik (disiplin)
  • Penyampaian KD, Indikatot/Tujuan pembelajaran  yang akan dicapai dan juga KKM (70) (disiplin, bertanggung jawab,patuh pada aturan)
§  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus (disiplin)
  • Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran, serta kebersihan kelas (bertanggung jawab, disiplin)
Apersepsi
  • Siapakah yang merasa memiliki kelemahan dalam diri kalian ?
Motivasi
§  Bagaimana sikap kalian setelah tau kelemahan yang kalian miliki ?

Kegiatan Inti
Eksplorasi
  • Peserta didik Menyebutkan kelemahan-kelemahan diri sendiri ( percaya diri, mandiri )
  • Peserta didik Membandingkan kelemahan-kelemahan diri sendiri dengan sesame ( percaya diri, mandiri, kritis, kreatif, saling menghargai )
  • Peserta didik Menyebutkan manfaat dari kelebihan-kelebihan diri sendiri ( percaya diri, mandiri )
  • Peserta didik Menyebutkan tindakan-tindakan untuk mengatasi kelemahan atau keterbatasan diri sendiri ( mandiri, kreatif,kritis, percaya diri )
Elaborasi
  • Peserta didik menyebutkan cara mengatasi kelemahan yang mereka miliki ( percaya diri,mandiri )
  • Peserta didik mengutarakan pendapat mereka tentang kelebihan mereka jika dibandingkan dengan kelebihan orang lain ( percaya diri, saling menghargai, kreatif,kritis )
Konfermasi
§  Guru menanyakan kepada peserta didik mengenai materi yang telah disampaikan untukmengetahui kompetensi telah tercapai atua belum ( mandiri,percaya diri )
§  Guru menjelaskan tentang materi pembelajaran (peduli, santun )
  • Guru memberikan tugas tertruktur kepada peserta didikmengenai materi pembelajaran ( mandiri,bertanggung jawab, disiplin, kreatif )
Kegiatan Penutup
§  Guru bersama peserta didik menyimpulkan materi yang telah dibahas ( kerjasama, saling menghargai, percaya diri )
§  Guru memberikan tugas tertruktur tentang materi yang telah disampaikan ( kerjasama, kreatif )
§  Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
  • Berdoa pada akhir pelajaran yang dipimpin oleh peserta didikyang ditunjuk ( percaya diri, mandiri )
10 menit




















60 menit

























10 menit
I. Sumber dan Media Pembelajaran
Ø  Alkitab
Ø  Buku Cermin Remaja Kelas 8
Ø  Kamus Besar Bahasa Indonesia
Ø  LKS Jamrut Kelas 8
Ø  Sahabat Sejati kelas 8
J. Penilaian  Hasil Belajar
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

  • Dapat menyebutkan kelebihan-kelebihan diri sendiri
  • Dapat membandingkan kelebihan-kelebihan diri sendiri dengan sesame
  • Menyebutkan kelemahan-kelemahan diri sendiri
  • Membandingkan kelemahan-kelemahan diri sendiri dengan sesame
  • Menyebutkan manfaat dari kelebihan-kelebihan diri sendiri
  • Menyebutkan tindakan-tindakan untuk mengatasi kelemahan atau keterbatasan diri kepada teman-temannya dalam kelompoknya
Tes Tertulis
Tes Uraian
  1. Kita akan menjadi tersinggung dan rendah diri jika dibandingkan dengan?
  2. Seorang pemungut cukai yang ungin melihat Yesus bernama ?
  3. Kebanyakan kelemahan-kelemahan kita berasal dari luar diri kita, yang paling baik menghadapi kelemahan itu dengan mengubahnya menjadi factor?
  4. Kelemahan manusia yang berasal dari dalam dirinya adalah?
5.      Sebutkan kelemahan yang dimiliki oleh hamba ketiga dalam perumpamaan tentang talenta (Matius 25:19-30)!

Kunci Jawaban :
1.      Kelebihan orang lain
2.      Zakheus
3.      Factor pendorong untukmemngubah kelemahan-kelemahan kita
4.      Kekhawatiran
5.      Menyimpan dan memendam talenta itu

K. Norma Penilaian
No Soal
Skor
1
2
2
2
3
2
4
2
5
2

        Nilai = Jumlah Skor x 10
                 = 10 x 10
                 = 100

L.  Format Penilaian Diskusi
No
Nama
Aspek
Skor
Nilai
Ket
1
2
3
4















A. Keterangan Aspek                                     B. Skor
1. Keaktifan                                                    1. Sangat kurang
2. Penguasaan materi                                      2. Kurang
3. Kerjasama                                                   3. Cukup
4. Kedisiplinan                                                4. Baik
                                                                        5. Sangat baik

Pangururan,   Juli 2016
Mengetahui
Kepala SMP NEGERI 1 PANGURURAN                                       Guru Pendidikan Agama Kristen



 Teksin Oberia Simbolon, S.Pd                                                           Nicolaus Sihotang, S.Pd.K
NIP. 196910021994122001                                                              NIP.-


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 3


Sekolah                                   : SMP NEGERI 1 PANGURURAN
Mata Pelajaran                        : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester                        : VIII/I

A. Standar Kompetensi
1. Nilai-nilai Kristiani
    Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan hidup beriman dan berpengharapan
B. Kompetensi Dasar
2.1.Hidup bersyukur dalam segala situasi
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
  • Menyebutkan pengertian tanggung jawab
  • Menyebutkan sikap menghargai talenta pemberian Allah
  • Membuat rencana kegiatan harian dengan singkat dan bermakna
  • Menjelaskan cara dan sikap bersyukur dengan menghargai waktu secara bertanggung jawab
  • Menyebutkan cara-cara menghargai diri sendiri dan orang lain
D. Alokasi Waktu                   : 4  Jam pelajaran ( 2  X pertemuan)
E. Tujuan Pembelajaran
  • Melalui Tanya jawab tentang Tanggung Jawab Hidup Bersyukur, peserta didik dapat Menyebutkan pengertian tanggung jawab
  • Melalui Tanya jawab tentang Tanggung Jawab Hidup Bersyukur Siswa dapat Menyebutkan sikap menghargai talenta pemberian Allah
  • Melalui Tanya jawab tentang Tanggung Jawab Hidup Bersyukur Siswa dapat Membuat rencana kegiatan harian dengan singkat dan bermakna
  • Melalui Tanya jawab tentang Tanggung Jawab Hidup Bersyukur, peserta didik dapat
Menjelaskan cara dan sikap bersyukur dengan menghargai waktu secara bertanggung jawab
  • Melalui Tanya jawab tentang Tanggung Jawab Hidup Bersyukur,
Siswa dapat Menyebutkan cara-cara menghargai diri sendiri dan orang lain
F. Materi Pembelajaran
3.      Tanggung Jawab Hidup Bersyukur
G. Metode Pembelajaran
Ø  Diskusi
Ø  Inquiri
Ø  Tanya jawab
Ø  Simulasi
Ø  Observasi/Pengamatan
H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama 2 Jam Pelajaran ( 1 x pertemuan )
No
Kegiatan
Waktu
1




















2
Kegiatan Pendahuluan
Informasi
§  Guru dating tepat waktu (contoh nilai yang ditanamkan : disiplin)
§  Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada peserta didik ketika memasuki ruang kelas (relegius)
§  Berdoa bersama yang dipimpin oleh siswa yang ditunjuk , serta mendoakan teman yang tidak masuk/hadir karena sakit atau karena halangan lainnya(disiplin, relegius, peduli)
§  Mengabsen setiap peserta didik (disiplin)
  • Penyampaian KD, Indikatot/Tujuan pembelajaran  yang akan dicapai dan juga KKM (70) (disiplin, bertanggung jawab,patuh pada aturan)
§  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus (disiplin)
  • Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran, serta kebersihan kelas (bertanggung jawab, disiplin)
Apersepsi
§  Tuliskan tugas-tugas yang harus kamu kerjakan di rumah ?
Motivasi
§  Bagaimana tanggung jawabmu sebagai pelajar ?


Kegiatan Inti
Eksplorasi
  • Peserta didik Menyebutkan pengertian tanggung jawab menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ( teliti, kreatif,mandiri )
  • Peserta didik Menyebutkan sikap menghargai talenta pemberian Allah ( kreatif, kritis )
  • Peserta didik Membuat rencana kegiatan harian dengan singkat dan bermakna ( mandiri, kreatif )
Elaborasi
§  Peserta didik memberikan contoh tanggung jawab sebagai pelajar ( kreatif, kritis )
§  Peserta didik menjelaskan arti talenta menurut pendapat mereka ( kritis,kreatif,percaya diri )
§  Peserta didik menyebutkan macam –macam talenta ( kreatif )
§  Peserta didik memberikan contoh daftar kegiatan mereka setiap hari dari hari senin sampai dengan hari sabtu ( kreatif,mandiri,jujur )
Konfermasi
§  Guru menanyakan kepada peserta didik mengenai materi yang telah disampaikan untukmengetahui kompetensi telah tercapai atua belum ( mandiri,percaya diri )
  • Guru memberikan tugas tertruktur kepada peserta didikmengenai materi pembelajaran ( mandiri,bertanggung jawab, disiplin, kreatif )
10 menit



















60 menit
Pertemuan Kedua  2 Jam Pelajaran ( 1 x pertemuan )
E. Tujuan Pembelajaran
  • Melalui Tanya jawab tentang Tanggung Jawab Hidup Bersyukur, peserta didik dapat
Menjelaskan cara dan sikap bersyukur dengan menghargai waktu secara bertanggung jawab
  • Melalui Tanya jawab tentang Tanggung Jawab Hidup Bersyukur, peserta didik dapat
Menyebutkan cara-cara menghargai diri sendiri dan orang lain
No
Kegiatan
Waktu
1




















2






















3
Kegiatan Pendahuluan
Informasi
§  Guru dating tepat waktu (contoh nilai yang ditanamkan : disiplin)
§  Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada peserta didik ketika memasuki ruang kelas (relegius)
§  Berdoa bersama yang dipimpin oleh siswa yang ditunjuk , serta mendoakan teman yang tidak masuk/hadir karena sakit atau karena halangan lainnya(disiplin, relegius, peduli)
§  Mengabsen setiap peserta didik (disiplin)
  • Penyampaian KD, Indikatot/Tujuan pembelajaran  yang akan dicapai dan juga KKM (70) (disiplin, bertanggung jawab,patuh pada aturan)
§  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus (disiplin)
  • Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran, serta kebersihan kelas (bertanggung jawab, disiplin)
Apersepsi
§  Tuliskan tugas-tugas yang harus kamu kerjakan di rumah ?
Motivasi
§  Bagaimana tanggung jawabmu sebagai pelajar ?


Kegiatan Inti
Eksplorasi
  • Peserta didik Menjelaskan cara dan sikap bersyukur dengan menghargai waktu secara bertanggung jawab ( kritis, kreatif, jujur )
  • Peserta didik Menyebutkan cara-cara menghargai diri sendiri dan orang lain ( kritis, kreatif )
Elaborasi
§  Peserta didik memberikan contoh cara menggunakan/menghargai waktu dengan baik ( kreatif, jujur )
§  Peserta didik memberikan contoh cara menghargai diri sendiri ( jujur, percaya diri )
§  Peserta didik memberikan contoh cara mengargai orang lain ( jujur, saling menghargai
Konfermasi
§  Guru menanyakan kepada peserta didik mengenai materi yang telah disampaikan untukmengetahui kompetensi telah tercapai atua belum ( mandiri,percaya diri )
§  Guru menjelaskan tentang materi pembelajaran (peduli, santun )
  • Guru memberikan tugas tertruktur kepada peserta didikmengenai materi pembelajaran ( mandiri,bertanggung jawab, disiplin, kreatif )
  • Pos tes

Kegiatan Penutup
§  Guru bersama peserta didik menyimpulkan materi yang telah dibahas ( kerjasama, saling menghargai, percaya diri )
§  Guru memberikan tugas tertruktur tentang materi yang telah disampaikan ( kerjasama, kreatif )
§  Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
  • Berdoa pada akhir pelajaran yang dipimpin oleh peserta didikyang ditunjuk ( percaya diri, mandiri )
10 menit



















60 menit






















10 menit
I. Sumber dan Media Pembelajaran
Ø  Alkitab
Ø  Buku Cermin Remaja Kelas 8
Ø  Kamus Besar Bahasa Indonesia
Ø  LKS Jamrut Kelas 8
Ø  Sahabat Sejati kelas 8
J. Penilaian  Hasil Belajar
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

  • Menyebutkan pengertian tanggung jawab
  • Menyebutkan sikap menghargai talenta pemberian Allah
  • Membuat rencana kegiatan harian dengan singkat dan bermakna
  • Menjelaskan cara dan sikap bersyukur dengan menghargai waktu secara bertanggung jawab
  • Menyebutkan cara-cara menghargai diri sendiri dan orang lain

Tes Tertulis
Tes Uraian
  1. Apakah yang dimaksud dengan tanggung jawab? Jelaskan!
  2. Bagaimana sikap kamu dalam menghargai talenta pemberian Tuhan?
  3. Apakah yang dimaksud dengan talenta?
  4. Bagaimana cara kamu menghargai waktu pemberian Tuhan? Jelaskan !
  5. Bagaimana cara kamu menghargai diri sendiri dan orang lain/ Jelaskan!

Kunci Jawaban :
1.      Tanggung jawab adalah tugas,beban yang harus dilaksanakan/kerjakan jika tidak dilaksanakan maka berhak untuk dituntut atau diperkarakan
2.      Beryukur dan menerima dengan baik serta berusaha mengembangkan
3.      Talenta adalah bakat atau ketrampilan yang Tuhan berikan kepada kita
4.      Menggunakan dengan sebaik mungkin
5.      Saling menghargai dan menghormati



K. Norma Penilaian
No Soal
Skor
1
2
2
2
3
2
4
2
5
2
        Nilai = Jumlah Skor x 10
                 = 10 x 10
                 = 100
L.  Format Penilaian Diskusi
No
Nama
Aspek
Skor
Nilai
Ket
1
2
3
4















A. Keterangan Aspek                                     B. Skor
1. Keaktifan                                                    1. Sangat kurang
2. Penguasaan materi                                      2. Kurang
3. Kerjasama                                                   3. Cukup
4. Kedisiplinan                                                4. Baik
                                                                        5. Sangat baik
Pangururan,   Juli 2016 Mengetahui
Kepala SMP NEGERI 1 PANGURURAN                           Guru Pendidikan Agama Kristen



 Teksin Oberia Simbolon, S.Pd                                               Nicolaus Sihotang, S.Pd.K
NIP. 196910021994122001                                                   NIP.-












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 4

Sekolah                                               : SMP NEGERI 1 PANGURURAN
Mata Pelajaran                                    : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester                                    : VIII/I


A. Standar Kompetensi
1. Nilai-nilai Kristiani
    Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan hidup beriman dan berpengharapan
B. Kompetensi Dasar
1.2.Mewujudka imannya dalam hidup berpengharapan
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
  • Menjelaskan arti hidup beriman
  • Menjelaskan  arti hidup berpengharapan
  • Menyebutkan tokoh-tokoh dalam Alkitab yang beriman dan berpengharapan
  • Menjelaskan makna iman Kristen dalam kehidupan sehari-hari
D. Alokasi Waktu                   : 4  Jam pelajaran ( 2  X pertemuan)
E. Tujuan Pembelajaran
  • Melalui tanya jawab tentang Hidup Beriman dan Berpengharapan Siswa dapat Menjelaskan arti hidup beriman
  • Melalui tanya jawab tentang Hidup Beriman dan Berpengharapan Siswa dapat Menjelaskan  arti hidup berpengharapan
  • Melalui tanya jawab tentang Hidup Beriman dan Berpengharapan Siswa dapat Menyebutkan tokoh-tokoh dalam Alkitab yang beriman dan berpengharapan
  • Melalui tanya jawab tentang Hidup Beriman dan Berpengharapan Siswa dapat Menjelaskan makna iman Kristen dalam kehidupan sehari-hari
F. Materi Pembelajaran
1.      Hidup Beriman dan Berpengharapan
G. Metode Pembelajaran
Ø  Diskusi
Ø  Inquiri
Ø  Tanya jawab
Ø  Simulasi
Ø  Observasi/Pengamatan
H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama 2 Jam Pelajaran ( 1 x pertemuan
No
Kegiatan
Waktu
1




















2















Kegiatan Pendahuluan
Informasi
§  Guru dating tepat waktu (contoh nilai yang ditanamkan : disiplin)
§  Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada peserta didik ketika memasuki ruang kelas (relegius)
§  Berdoa bersama yang dipimpin oleh siswa yang ditunjuk , serta mendoakan teman yang tidak masuk/hadir karena sakit atau karena halangan lainnya(disiplin, relegius, peduli)
§  Mengabsen setiap peserta didik (disiplin)
  • Penyampaian KD, Indikatot/Tujuan pembelajaran  yang akan dicapai dan juga KKM (70) (disiplin, bertanggung jawab,patuh pada aturan)
§  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus (disiplin)
  • Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran, serta kebersihan kelas (bertanggung jawab, disiplin)
Apersepsi
§  Seberapa besarkah iman kamu /
Motivasi
§  Apakah yang kamu ketahui tentang iman ?

Kegiatan Inti
Eksplorasi
  • Peserta didik Menjelaskan arti hidup beriman ( kreatif,mandiri,kritis )
  • Peserta didik Menjelaskan  arti hidup berpengharapan ( kreatif,kritis )
Elaborasi
§  Peserta didik menyebutkan arti iman ( kreatif, kritis,berfikir logis )
§  Peserta didik memberikan contoh hidup berpengharapan didalam Tuhan ( kreatif )
§  Peserta didik menyebutkan dan menjelaskan macam-macamiman ( kritis,kreatif )
Konfermasi
§  Guru menanyakan kepada peserta didik mengenai materi yang telah disampaikan untukmengetahui kompetensi telah tercapai atua belum ( mandiri,percaya diri )
  • Guru memberikan tugas tertruktur kepada peserta didikmengenai materi pembelajaran ( mandiri,bertanggung jawab, disiplin, kreatif )
15 menit



















65 menit
Pertemuan Kedua  2 Jam Pelajaran ( 1 x pertemuan )
E. Tujuan Pembelajaran
  • Melalui tanya jawab tentang Hidup Beriman dan Berpengharapan
Siswa dapat Menyebutkan tokoh-tokoh dalam Alkitab yang beriman dan berpengharapan
  • Melalui tanya jawab tentang Hidup Beriman dan Berpengharapan
  • Siswa dapat Menjelaskan makna iman Kristen dalam kehidupan sehari-hari
No
Kegiatan
Waktu
1




















2




















3
Kegiatan pendahuluan
Informasi
§  Guru dating tepat waktu (contoh nilai yang ditanamkan : disiplin)
§  Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada peserta didik ketika memasuki ruang kelas (relegius)
§  Berdoa bersama yang dipimpin oleh siswa yang ditunjuk , serta mendoakan teman yang tidak masuk/hadir karena sakit atau karena halangan lainnya(disiplin, relegius, peduli)
§  Mengabsen setiap peserta didik (disiplin)
  • Penyampaian KD, Indikatot/Tujuan pembelajaran  yang akan dicapai dan juga KKM (70) (disiplin, bertanggung jawab,patuh pada aturan)
§  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus (disiplin)
  • Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran, serta kebersihan kelas (bertanggung jawab, disiplin)
Apersepsi
§  Seperti apakah iman yang kamu miliki ?
Motivasi
§  Bagaimana kamu bisa percaya kepada Tuhan Yesus ?


Kegiatan Inti
Eksplorasi
§  Peserta didik Menyebutkan tokoh-tokoh dalam Alkitab yang beriman dan berpengharapan ( kritis, kreatif )
§  Peserta didik Menjelaskan makna iman Kristen dalam kehidupan sehari-hari ( jujur, kreatif )
Elaborasi
§  Peserta didik diminta untuk menuliskan dan menceritakan kehidupan tokoh Alkitab yang hidupnya berpengharapan kepada Tuhan ( kreatif,kritis )
§  Peserta didik diminta untuk memberikan contoh sikap hidup yang berpengharapan didalam Tuhan ( jujur, kratif,kritis, mandiri )
Konfermasi
§  Guru menanyakan kepada peserta didik mengenai materi yang telah disampaikan untukmengetahui kompetensi telah tercapai atua belum ( mandiri,percaya diri )
§  Guru menjelaskan tentang materi pembelajaran (peduli, santun )
  • Guru memberikan tugas tertruktur kepada peserta didikmengenai materi pembelajaran ( mandiri,bertanggung jawab, disiplin, kreatif )


Kegiatan Penutup
§  Guru bersama peserta didik menyimpulkan materi yang telah dibahas ( kerjasama, saling menghargai, percaya diri )
§  Guru memberikan tugas tertruktur tentang materi yang telah disampaikan ( kerjasama, kreatif )
§  Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
  • Berdoa pada akhir pelajaran yang dipimpin oleh peserta didikyang ditunjuk ( percaya diri, mandiri )
10 menit



















60 menit





















10 menit
I. Sumber dan Media Pembelajaran
Ø  Alkitab
Ø  Buku Cermin Remaja Kelas 8
Ø  Kamus Besar Bahasa Indonesia
Ø  LKS Jamrut Kelas 8
Ø  Sahabat Sejati kelas 8
J. Penilaian  Hasil Belajar
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

  • Menjelaskan arti hidup beriman
  • Menjelaskan  arti hidup berpengharapan
  • Menyebutkan tokoh-tokoh dalam Alkitab yang beriman dan berpengharapan
  • Menjelaskan makna iman Kristen dalam kehidupan sehari-hari

Tes Tertulis
Tes Uraian
1.      Apakah yang dimaksud dengan iman? Jelaskan !
2.      Apakah yang dimaksud dengan hidup berpengharapan?
Jelaskan !
3.      Sebutkan tokoh Alkitab yang hidupnya beriman kepada Tuhan?
4.      Sebutkan 2 macam iman dan jelaskan masing-masing pengertiannya!
5.      Apakah yang dimaksud dengan Abraham? Jelaskan!
Kunci Jawaban :
1.      Iman adalah sesuatu kepaercayaan yang diyakini ada
2.      Hidup yang senantiasa mengandalkan Tuhan
3.      Abraham, Ayub
4.      Iman sejati adalah iman yang tidakmudah tergoyahkan meskipun banyak pencobaan
Iman tidak sejati adalah iman yang mudah tergoyahkan karena indahnya dunia ini
5.      Abraham adalah bapa orang percaya
K. Norma Penilaian
No Soal
Skor
1
2
2
2
3
2
4
2
5
2
        Nilai = Jumlah Skor x 10
                 = 10 x 10
                 = 100





L.  Format Penilaian Diskusi
No
Nama
Aspek
Skor
Nilai
Ket
1
2
3
4















A. Keterangan Aspek                                     B. Skor
1. Keaktifan                                                    1. Sangat kurang
2. Penguasaan materi                                      2. Kurang
3. Kerjasama                                                   3. Cukup
4. Kedisiplinan                                                4. Baik
                                                                        5. Sangat baik

Pangururan,   Juli 2016
Mengetahui
Kepala SMP NEGERI 1 PANGURURAN                           Guru Pendidikan Agama Kristen



 Teksin Oberia Simbolon, S.Pd                                               Nicolaus Sihotang, S.Pd.K
NIP. 196910021994122001                                                   NIP.-





































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 5


Sekolah                                   : SMP NEGERI 1 PANGURURAN
Mata Pelajaran                        : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester                        : VIII/I

A. Standar Kompetensi
1. Nilai-nilai Kristiani
    Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan hidup beriman dan berpengharapan
B. Kompetensi Dasar
1.2.Mewujudka imannya dalam hidup berpengharapan
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
  • Menyebutkan arti dari penyerahan diri secara total kepada Allah
  • Mendiskripsikan hidup beriman dan berpengharapa
  • Menjelaskan arti remaja
  • Menjelaskan arti ketaatan dan kesetiaan terhadap Allah
  • Menyebutkan perbuatan orang beriman sesuai dengan ibrani 11
D. Alokasi Waktu                   : 4  Jam pelajaran ( 2  X pertemuan)
E. Tujuan Pembelajaran
  • Melalui tanya jawab tentang Wujud hidup beriman dan Pengharapan Dalam Diri Seorang Pelajar dan Remaja Siswa dapat Menyebutkan arti dari penyerahan diri secara total kepada Allah
  • Melalui tanya jawab tentang Wujud hidup beriman dan Pengharapan Dalam Diri Seorang Pelajar dan Remaja Siswa dapat Mendiskripsikan hidup beriman dan berpengharapa
  • Melalui tanya jawab tentang Wujud hidup beriman dan Pengharapan Dalam Diri Seorang Pelajar dan Remaja Siswa dapat Menjelaskan arti remaja
  • Melalui tanya jawab tentang Wujud hidup beriman dan Pengharapan Dalam Diri Seorang Pelajar dan Remaja Siswa dapat Menjelaskan arti ketaatan dan kesetiaan terhadap Allah
  • Melalui tanya jawab tentang Wujud hidup beriman dan Pengharapan Dalam Diri Seorang Pelajar dan Remaja Siswa dapat Menyebutkan perbuatan orang beriman sesuai dengan ibrani 11

F. Materi Pembelajaran
5. Wujud hidup beriman dan Pengharapan Dalam Diri Seorang Pelajar dan Remaja

G. Metode Pembelajaran
Ø  Diskusi
Ø  Inquiri
Ø  Tanya jawab
Ø  Simulasi
Ø  Observasi/Pengamatan

H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama 2 Jam Pelajaran ( 1 x pertemuan
No
Kegiatan
Waktu
1



















2
Kegiatan pendahuluan
Informasi
§  Guru dating tepat waktu (contoh nilai yang ditanamkan : disiplin)
§  Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada peserta didik ketika memasuki ruang kelas (relegius)
§  Berdoa bersama yang dipimpin oleh siswa yang ditunjuk , serta mendoakan teman yang tidak masuk/hadir karena sakit atau karena halangan lainnya(disiplin, relegius, peduli)
§  Mengabsen setiap peserta didik (disiplin)
  • Penyampaian KD, Indikatot/Tujuan pembelajaran  yang akan dicapai dan juga KKM (70) (disiplin, bertanggung jawab,patuh pada aturan)
§  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus (disiplin)
  • Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran, serta kebersihan kelas (bertanggung jawab, disiplin)
Apersepsi
§  Apakah yang bisa kamu lakukan sebagai anak-anak Tuhan ?
Motivasi
§  Bagaimanakah kamu mengekspresikan iman kamu dalam kehidupan sehari-hari ?

Kegiatan Inti
Eksplorasi
  • Peserta didik Menyebutkan arti dari penyerahan diri secara total kepada Allah ( jujur, kreatif )
  • Peserta didik Mendiskripsikan hidup beriman dan berpengharapan ( kreatif, mandiri )
  • Peserta didik Menjelaskan arti remaja ( berfikir logis )
Elaborasi
§  Peserta didik diminta untuk memberikan contoh tokoh Alkitab yang hidupnya menyerahkan diri secara total kepada Tuhan Yesus ( kreatif, mandiri )
§  Peserta didik memberikan contoh sikap hidup penyerahan diri kepada Tuhan ( kritis, kreatif , berfikir logis )
§  Peserta didik diminta untuk menyebutkan cirri-ciri remaja ( kritis, berfikir logis )
Konfermasi
§  Guru menanyakan kepada peserta didik mengenai materi yang telah disampaikan untukmengetahui kompetensi telah tercapai atua belum ( mandiri,percaya diri )
  • Guru memberikan tugas tertruktur kepada peserta didikmengenai materi pembelajaran ( mandiri,bertanggung jawab, disiplin, kreatif )
15 menit



















65 menit


Pertemuan Kedua  2 Jam Pelajaran ( 1 x pertemuan )
E. Tujuan Pembelajaran
  • Melalui tanya jawab tentang Wujud hidup beriman dan Pengharapan Dalam Diri Seorang Pelajar dan Remaja Siswa dapat Menjelaskan arti ketaatan dan kesetiaan terhadap Allah
  • Melalui tanya jawab tentang Wujud hidup beriman dan Pengharapan Dalam Diri Seorang Pelajar dan Remaja Siswa dapat Menyebutkan perbuatan orang beriman sesuai dengan ibrani 11
No
Kegiatan
Waktu
1




















2



















3
Kegiatan pendahuluan
Informasi
§  Guru dating tepat waktu (contoh nilai yang ditanamkan : disiplin)
§  Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada peserta didik ketika memasuki ruang kelas (relegius)
§  Berdoa bersama yang dipimpin oleh siswa yang ditunjuk , serta mendoakan teman yang tidak masuk/hadir karena sakit atau karena halangan lainnya(disiplin, relegius, peduli)
§  Mengabsen setiap peserta didik (disiplin)
  • Penyampaian KD, Indikatot/Tujuan pembelajaran  yang akan dicapai dan juga KKM (70) (disiplin, bertanggung jawab,patuh pada aturan)
§  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus (disiplin)
  • Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran, serta kebersihan kelas (bertanggung jawab, disiplin)
Apersepsi
§  Setiakah kita pada Tuhan meskipun kita sedang menderita ?
Motifasi
§  Bagaimanakah sikap Ayub dalam menghadapi penderitaan ?


Kegiatan Inti
Eksplorasi
  • Peserta didik Menjelaskan arti ketaatan dan kesetiaan terhadap Allah ( kritis, kreatif )
  • Peserta didik Menyebutkan perbuatan orang beriman sesuai dengan ibrani 11 ( kreatif, kritis, berfikir logis )
Elaborasi
§  Peserta didik memberikan contoh tokoh – tokoh Alkitab yang hidupnya taat dan setia kepada Tuhan ( kreatif, berfikir logis )
§  Peserta didik menyebutkan contoh sikap hidup para tokoh Alkitab yang terdapat dalam Kitab Ibrani 11
§  Peserta didik meneladani sikap hidup para tokoh Alkitab yang santiasa hidupnya berkenan kepada Allah ( mandiri,percaya diri, jujur )
Konfermasi
§  Guru menanyakan kepada peserta didik mengenai materi yang telah disampaikan untukmengetahui kompetensi telah tercapai atua belum ( mandiri,percaya diri )
§  Guru memberikan tugas tertruktur kepada peserta didikmengenai materi pembelajaran ( mandiri,bertanggung jawab, disiplin, kreatif )

Kegiatan Penutup
§  Guru bersama peserta didik menyimpulkan materi yang telah dibahas ( kerjasama, saling menghargai, percaya diri )
§  Guru memberikan tugas tertruktur tentang materi yang telah disampaikan ( kerjasama, kreatif )
§  Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
§  Berdoa pada akhir pelajaran yang dipimpin oleh peserta didikyang ditunjuk ( percaya diri, mandiri )
10 menit




















60 menit



















10 menit
I. Sumber dan Media Pembelajaran
Ø  Alkitab
Ø  Buku Cermin Remaja Kelas 8
Ø  Kamus Besar Bahasa Indonesia
Ø  LKS Jamrut Kelas 8
Ø  Sahabat Sejati kelas 8
J. Penilaian  Hasil Belajar
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

  • Menyebutkan arti dari penyerahan diri secara total kepada Allah
  • Mendiskripsikan hidup beriman dan berpengharapa
  • Menjelaskan arti remaja
  • Menjelaskan arti ketaatan dan kesetiaan terhadap Allah
  • Menyebutkan perbuatan orang beriman sesuai dengan ibrani 11

Tes Tertulis
Tes Uraian
1.      Apakah yang dimaksud penyerahan diri secara total? Jelaskan !
2.      Apakah yang dimaksud remaja? Jelaskan !
3.      Orang beriman bisa dilihat hasilnya yaitu dengan adanya?
4.      Tuliskan bunyi firman tuhan dalam Ibrani 11:1!
5.      Sebutkan hal-hal yang telah dilakukan oleh Nabi Nuh karena imannya kepada Tuhan!

Kunci Jawaban :
1.      Penyerahan secara keseluruhan baik jiwa dan raga untuk Tuhan
2.      Remaja adalah masa transisi dari masa anak-anak menuju kedewasaan
3.      Buah –buah roh Galatia 5:22-23
4.      Iman adalah dasar darisegala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang kita lihat
5.      Membuat bahtera, mengumpulkan semua jenis binatang yang ada di bumi,mendirikan mesbah bagi Tuhan

K. Norma Penilaian
No Soal
Skor
1
2
2
2
3
2
4
2
5
2

        Nilai = Jumlah Skor x 10
                 = 10 x 10
                 = 100
L.  Format Penilaian Diskusi
No
Nama
Aspek
Skor
Nilai
Ket
1
2
3
4














A. Keterangan Aspek                                     B. Skor
1. Keaktifan                                                    1. Sangat kurang
2. Penguasaan materi                                      2. Kurang
3. Kerjasama                                                   3. Cukup
4. Kedisiplinan                                                4. Baik
5. Sangat baik

Pangururan,   Juli 2016
Mengetahui
Kepala SMP NEGERI 1 PANGURURAN                                       Guru Pendidikan Agama Kristen



 Teksin Oberia Simbolon, S.Pd                                                           Nicolaus Sihotang, S.Pd.K
NIP. 196910021994122001                                                               NIP.-



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 6

Sekolah                                   : SMP NEGERI 1 PANGURURAN
Mata Pelajaran                        : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester                        : VIII/I

A. Standar Kompetensi
1. Nilai-nilai Kristiani
    Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan hidup beriman dan berpengharapan
B. Kompetensi Dasar
1.2.Mewujudka imannya dalam hidup berpengharapan
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
  • Menjelaskan arti tanggung jawab
  • Menyebutkan tanggung jawab pelajar yang hidup dalam pengharapan
  • Menyebutkan contoh perbuatan seorang pelajar dalam hidup beriman
  • Menjelaskan hubungan tanggung jawab pelajar dengan iman dan pengharapan dalam kehidupan sehari-hari
D. Alokasi Waktu                   : 4  Jam pelajaran ( 2  X pertemuan)
E. Tujuan Pembelajaran
  • Melalui Tanya jawab tentang Hubungan Tanggung Jawab Pelajar dengan Iman dan Pengharapan
Siswa dapat Menjelaskan arti tanggung jawab
  • Melalui Tanya jawab tentang Hubungan Tanggung Jawab Pelajar dengan Iman dan Pengharapan Siswa dapat Menyebutkan tanggung jawab pelajar yang hidup dalam pengharapan
  • Melalui Tanya jawab tentang Hubungan Tanggung Jawab Pelajar dengan Iman dan Pengharapan Siswa dapat Menyebutkan contoh perbuatan seorang pelajar dalam hidup beriman
  • Melalui Tanya jawab tentang Hubungan Tanggung Jawab Pelajar dengan Iman dan Pengharapan Siswa dapat Menjelaskan hubungan tanggung jawab pelajar dengan iman dan pengharapan dalam kehidupan sehari-hari
F. Materi Pembelajaran
  1. Hubungan Tanggung Jawab Pelajar dengan Iman dan Pengharapan
G. Metode Pembelajaran
Ø  Diskusi
Ø  Inquiri
Ø  Tanya jawab
Ø  Simulasi
Ø  Observasi/Pengamatan
H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama 2 Jam Pelajaran ( 1 x pertemuan )
No
Kegiatan
Waktu
1



















2
Kegiatan pendahuluan
Informasi
§  Guru dating tepat waktu (contoh nilai yang ditanamkan : disiplin)
§  Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada peserta didik ketika memasuki ruang kelas (relegius)
§  Berdoa bersama yang dipimpin oleh siswa yang ditunjuk , serta mendoakan teman yang tidak masuk/hadir karena sakit atau karena halangan lainnya(disiplin, relegius, peduli)
§  Mengabsen setiap peserta didik (disiplin)
  • Penyampaian KD, Indikatot/Tujuan pembelajaran  yang akan dicapai dan juga KKM (70) (disiplin, bertanggung jawab,patuh pada aturan)
§  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus (disiplin)
  • Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran, serta kebersihan kelas (bertanggung jawab, disiplin)
Apersepsi
§  Sebutkan tanggung jawab kamu sebagai pelajar ?
Motivasi
§  Sebagai seoprang pelajar bagaimana kamu mewujudkan imanmu dalam kehidupan sehari- hari ?
Kegiatan Inti
Eksplorasi
  • Peserta didik Menjelaskan arti tanggung jawabmenurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ( mandiri, kreatif )
  • Peserta didik Menyebutkan tanggung jawab pelajar yang hidup dalam pengharapan ( percaya diri, kreatif )
Elaborasi
  • Peserta didik menjelaskan arti tanggung jawab secara Alkitabiah ( kreatif,kritis, berfikir logis , mandiri)
  • Peserta didikmemberikan contoh tanggung jawab pelajar yang hidup dalam pengharapan ( kreatif,kritis, percaya diri )
Konfermasi
§  Guru menanyakan kepada peserta didik mengenai materi yang telah disampaikan untukmengetahui kompetensi telah tercapai atua belum ( mandiri,percaya diri )
  • Guru memberikan tugas tertruktur kepada peserta didikmengenai materi pembelajaran ( mandiri,bertanggung jawab, disiplin, kreatif )
15 menit



















65 menit
Pertemuan Kedua  2 Jam Pelajaran ( 1 x pertemuan )
E. Tujuan Pembelajaran
§  Melalui Tanya jawab tentang Hubungan Tanggung Jawab Pelajar dengan Iman dan Pengharapan
Siswa dapat Menyebutkan contoh perbuatan seorang pelajar dalam hidup beriman
§  Melalui Tanya jawab tentang Hubungan Tanggung Jawab Pelajar dengan Iman dan Pengharapan
Siswa dapat Siswa dapat Menjelaskan hubungan tanggung jawab pelajar dengan iman dan pengharapan dalam kehidupan sehari-hari
No
Kegiatan
Waktu
1


















2

















3
Kegiatan pendahuluan
Informasi
§  Guru datang tepat waktu (contoh nilai yang ditanamkan : disiplin)
§  Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada peserta didik ketika memasuki ruang kelas (relegius)
§  Berdoa bersama yang dipimpin oleh siswa yang ditunjuk , serta mendoakan teman yang tidak masuk/hadir karena sakit atau karena halangan lainnya(disiplin, relegius, peduli)
§  Mengabsen setiap peserta didik (disiplin)
  • Penyampaian KD, Indikatot/Tujuan pembelajaran  yang akan dicapai dan juga KKM (70) (disiplin, bertanggung jawab,patuh pada aturan)
§  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus (disiplin)
  • Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran, serta kebersihan kelas (bertanggung jawab, disiplin)
Apersepsi
§  Apakah kamu percaya adanya hantu ?
Motivasi
§  Apakah yang kamu ketahui tentang iman ?
Kegiatan Inti
Eksplorasi
§  Peserta didik Menyebutkan contoh perbuatan seorang pelajar dalam hidup beriman ( kreatif, kritis, berfikir logis )
§  Peserta didik Menjelaskan hubungan tanggung jawab pelajar dengan iman dan pengharapan dalam kehidupan sehari-hari ( kreatif, kritis, berfikir logis)
Elaborasi
§  Peserta didikmenyebutkan arti iman ( kreatif, berfikir logis,kritis )
§  Peserta didik menyebutkan serta menjelaskan dua macam iman ( kritis, kreatif )
Konfermasi
§  Guru menanyakan kepada peserta didik mengenai materi yang telah disampaikan untukmengetahui kompetensi telah tercapai atua belum ( mandiri,percaya diri )
§  Guru memberikan tugas tertruktur kepada peserta didikmengenai materi pembelajaran ( mandiri,bertanggung jawab, disiplin, kreatif )
§  Pos tes
Kegiatan Penutup
§  Guru bersama peserta didik menyimpulkan materi yang telah dibahas ( kerjasama, saling menghargai, percaya diri )
§  Guru memberikan tugas tertruktur tentang materi yang telah disampaikan ( kerjasama, kreatif )
§  Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
§  Berdoa pada akhir pelajaran yang dipimpin oleh peserta didikyang ditunjuk ( percaya diri, mandiri )
10 menit


















60 menit

















10 menit
I. Sumber dan Media Pembelajaran
Ø  Alkitab
Ø  Buku Cermin Remaja Kelas 8
Ø  Kamus Besar Bahasa Indonesia
Ø  LKS Jamrut Kelas 8
Ø  Sahabat Sejati kelas 8
J. Penilaian  Hasil Belajar
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

  • Menjelaskan arti tanggung jawab
  • Menyebutkan tanggung jawab pelajar yang hidup dalam pengharapan
  • Menyebutkan contoh perbuatan seorang pelajar dalam hidup beriman
  • Menjelaskan hubungan tanggung jawab pelajar dengan iman dan pengharapan dalam kehidupan sehari-hari

Tes Tertulis
Tes Uraian
  1. Apakah yang dimaksud tanggung jawab menurut Kamus Besar bahasa Indonesia?
  2. Bagaimana sikap dan perbuatan seorang pelajar yang mencerminkan hidup beriman?
  3. Bagaimana hubungan antara tanggug jawab seorang pelajar dengan iman dan pengharapan dalamkehidupan sehari-hari?
  4. Sebutkan tanggung jawab pelajar dalam mencerminkan iman dan pengharapannya didalam Tuhan?
  5. Sebutkan pokok-pokok iman dan pengharapan dalam Kristus yang dapat dipelajari oleh remaja Kristen? Sebutkan !
    Kunci Jawaban :
1.      Suatu tugas atau wewenang yang harus dijalankan atau dilaksanakan jika tidak bersedia untuk di tuntut atau diperkarakan
2.      Melalui sikap hidup, perkataan, perbuatan dan cara berfikir
3.      Saling berhubungan dan sama- sama harus dilaksanakan dalam kehidupan sehari –hari
4.      Menjadi garam dan terang dunia
5.      Kasih dan iman kepada Tuhan Yesus Kristus















K. Norma Penilaian
No Soal
Skor
1
2
2
2
3
2
4
2
5
2

        Nilai = Jumlah Skor x 10
                 = 10 x 10
                 = 100
L.  Format Penilaian Diskusi
No
Nama
Aspek
Skor
Nilai
Ket
1
2
3
4
















A. Keterangan Aspek                                     B. Skor
1. Keaktifan                                                    1. Sangat kurang
2. Penguasaan materi                                      2. Kurang
3. Kerjasama                                                   3. Cukup
4. Kedisiplinan                                                4. Baik
                                                                        5. Sangat baik

Pangururan,   Juli 2016
Mengetahui
Kepala SMP NEGERI 1 PANGURURAN                           Guru Pendidikan Agama Kristen



 Teksin Oberia Simbolon, S.Pd                                               Nicolaus Sihotang, S.Pd.K
NIP. 196910021994122001                                                   NIP.-













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 7

Sekolah                                   : SMP NEGERI 1 PANGURURAN
Mata Pelajaran                        : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester                        : VIII/I

A. Standar Kompetensi
1. Nilai-nilai Kristiani
    Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan hidup beriman dan berpengharapan
B. Kompetensi Dasar
1.2.Mewujudka imannya dalam hidup berpengharapan
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
  • Menjelaskan arti optimism
  • Menjelaskan arti pesimisme
  • Menyebutkan sikap hidup beriman dan berpengharapan seperti tidak mudah putus asa, kreatif, optimis
  • Menyebutkan tokoh-tokoh Alkitab yang hidupnya optimis dalam Tuhan
D. Alokasi Waktu                   : 2  Jam pelajaran ( 1  X pertemuan)
E. Tujuan Pembelajaran
  • Melalui Tanya jawab tentang optimism dan pesimisme, peserta didik dapat Menjelaskan arti optimism
  • Melalui Tanya jawab tentang optimism dan pesimisme, peserta didik dapat Menjelaskan arti pesimisme
  • Melalui Tanya jawab tentang optimism dan pesimisme, peserta didik Menyebutkan sikap hidup beriman dan berpengharapan seperti tidak mudah putus asa, kreatif, optimis
  • Melalui Tanya jawab tentang optimism dan pesimisme, peserta didik Menyebutkan tokoh-tokoh Alkitab yang hidupnya optimis dalam Tuhan
F. Materi Pembelajaran
7.  Optimisme dan Pesimisme
G. Metode Pembelajaran
Ø  Diskusi
Ø  Inquiri
Ø  Tanya jawab
Ø  Simulasi
Ø  Observasi/Pengamatan
H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No
Kegiatan
Waktu
1



















2
























3
Kegiatan Pendahuluan
Informasi
§  Guru datang tepat waktu (contoh nilai yang ditanamkan : disiplin)
§  Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada peserta didik ketika memasuki ruang kelas (relegius)
§  Berdoa bersama yang dipimpin oleh siswa yang ditunjuk , serta mendoakan teman yang tidak masuk/hadir karena sakit atau karena halangan lainnya(disiplin, relegius, peduli)
§  Mengabsen setiap peserta didik (disiplin)
  • Penyampaian KD, Indikatot/Tujuan pembelajaran  yang akan dicapai dan juga KKM (70) (disiplin, bertanggung jawab,patuh pada aturan)
§  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus (disiplin)
  • Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran, serta kebersihan kelas (bertanggung jawab, disiplin)
Apersepsi
  • Apakah kamu percaya adanya hantu ?
Motivasi
  • Bagaimana sikap kamu saat menghadapi penderitaan atau masalah ?
Kegiatan Inti
Eksplorasi
  • Peserta didik Menjelaskan arti optimisme ( percaya diri, kreatif, berfikir logis )
  • Peserta didik Menjelaskan arti pesimisme (percaya diri, kreatif, berfikir logis )
  • Peserta didik Menyebutkan sikap hidup beriman dan berpengharapan seperti tidak mudah putus asa, kreatif, optimis ( kreatif, kritis, berfikir logis,mandiri )
  • Peserta didik Menyebutkan tokoh-tokoh Alkitab yang hidupnya optimis dalam Tuhan (kreatif, kritis, berfikir logis,mandiri )
Elaborasi
  • Peserta didik memberikan contoh sikap hidup orang beriman dan berpengharapan ( kritis, berfikir logis, mandiri )
  • Peseta didik memberikan contoh tokoh Alkitab yang hidupnya optimis didalam Tuhan ( kritis, kreatif, mandiri )
  • Peserta didik mengambil teladan sikap hidup dari para tokoh Alkitab yang hidupnya berkenan kepada Tuhanh ( mandiri,berfikir logis,mandiri )
Konfermasi
§  Guru menanyakan kepada peserta didik mengenai materi yang telah disampaikan untukmengetahui kompetensi telah tercapai atua belum ( mandiri,percaya diri )
§  Guru memberikan tugas tertruktur kepada peserta didikmengenai materi pembelajaran ( mandiri,bertanggung jawab, disiplin, kreatif )
Kegiatan Penutup
§  Guru bersama peserta didik menyimpulkan materi yang telah dibahas ( kerjasama, saling menghargai, percaya diri )
§  Guru memberikan tugas tertruktur tentang materi yang telah disampaikan ( kerjasama, kreatif )
§  Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
§  Berdoa pada akhir pelajaran yang dipimpin oleh peserta didikyang ditunjuk ( percaya diri, mandiri )
10 menit



















60 menit
























10 menit
I. Sumber dan Media Pembelajaran
Ø  Alkitab
Ø  Buku Cermin Remaja Kelas 8
Ø  Kamus Besar Bahasa Indonesia
Ø  LKS Jamrut Kelas 8
Ø  Sahabat Sejati kelas 8
J. Penilaian  Hasil Belajar
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

  • Menjelaskan arti optimism
  • Menjelaskan arti pesimisme
  • Menyebutkan sikap hidup beriman dan berpengharapan seperti tidak mudah putus asa, kreatif, optimis
  • Menyebutkan tokoh-tokoh Alkitab yang hidupnya optimis dalam Tuhan

Tes Tertulis
Tes Uraian
  1. Apakah yang dimaksud optimism? Jelaskan!
  2. Apakah yang dimaksud dengan pesimisme? Jelaskan!
  3. Orang yang memiliki pengharapan membuktikan bahwa adanya masa depan yang?
  4. Dari 10 gadis yang menantikan kedatangan mempelai pria, hanya 5 gadis yang setia dalam pengharapan, yaitu dengan cara ?
  5. Berbahagialah orang yang suci hatinya karena ?
Kunci Jawaban :
1.      Percaya diri
2.      Ragu-ragu atau kurang percaya diri
3.      Penuh harapan
4.      Menyimpan atau menimbun minyak untuk pelitanya
5.      Merekalah yang akan memiliki bumi

K. Norma Penilaian
No Soal
Skor
1
2
2
2
3
2
4
2
5
2

        Nilai = Jumlah Skor x 10
                 = 10 x 10
                 = 100


L.  Format Penilaian Diskusi
No
Nama
Aspek
Skor
Nilai
Ket
1
2
3
4















A. Keterangan Aspek                                     B. Skor
1. Keaktifan                                                    1. Sangat kurang
2. Penguasaan materi                                      2. Kurang
3. Kerjasama                                                   3. Cukup
4. Kedisiplinan                                                            4. Baik
                                                                        5. Sangat baik

Pangururan,   Juli 2016
Mengetahui
Kepala SMP NEGERI 1 PANGURURAN                           Guru Pendidikan Agama Kristen



 Teksin Oberia Simbolon, S.Pd                                               Nicolaus Sihotang, S.Pd.K
NIP. 196910021994122001                                                   NIP.-










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 8

Sekolah                                   : SMP NEGERI 1 PANGURURAN
Mata Pelajaran                        : Pendidikan Agama Kristen
Kelas/Semester                        : VIII/I

A. Standar Kompetensi
1. Nilai-nilai Kristiani
    Hidup bersyukur dalam segala situasi serta mewujudkan hidup beriman dan berpengharapan
B. Kompetensi Dasar
1.2.Mewujudka imannya dalam hidup berpengharapan
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
  • Menjelaskan arti mengalah untuk menamg
  • Menjelaskan maksud dari firman Tuhan yang terdapat dalam matius 5:39
  • Menjelaskan alas an kita perlu bersikap rendah hati
  • Menyebutkan keuntungan orang yang mau mengalah
  • Menyebutkan hubungan antara sikap mengalah dengan hidup beriman
D. Alokasi Waktu                   : 4  Jam pelajaran ( 2  X pertemuan)
E. Tujuan Pembelajaran
  • Melalui Tanya jawab tentang mengalah untuk menang, peserta didik dapat Menjelaskan arti mengalah untuk menamg
  • Melalui Tanya jawab tentang mengalah untuk menang, peserta didik dapat Menjelaskan maksud dari firman Tuhan yang terdapat dalam matius 5:39
  • Melalui Tanya jawab tentang mengalah untuk menang, peserta didik dapat Menjelaskan alas an kita perlu bersikap rendah hati
  • Melalui Tanya jawab tentang mengalah untuk menang, peserta didik dapat Menyebutkan keuntungan orang yang mau mengalah
  • Melalui Tanya jawab tentang mengalah untuk menang, peserta didik dapat Menyebutkan hubungan antara sikap mengalah dengan hidup beriman
F. Materi Pembelajaran
8.   Mengalah untuk menang
G. Metode Pembelajaran
Ø  Diskusi
Ø  Inquiri
Ø  Tanya jawab
Ø  Simulasi
Ø  Observasi/Pengamatan
H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama 2 Jam pelajaran ( 1 x pertemuan )
No
Kegiatan
Waktu
1





















2
Kegiatan Pendahuluan
Informasi
§  Guru datang tepat waktu (contoh nilai yang ditanamkan : disiplin)
§  Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada peserta didik ketika memasuki ruang kelas (relegius)
§  Berdoa bersama yang dipimpin oleh siswa yang ditunjuk , serta mendoakan teman yang tidak masuk/hadir karena sakit atau karena halangan lainnya(disiplin, relegius, peduli)
§  Mengabsen setiap peserta didik (disiplin)
  • Penyampaian KD, Indikatot/Tujuan pembelajaran  yang akan dicapai dan juga KKM (70) (disiplin, bertanggung jawab,patuh pada aturan)
§  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus (disiplin)
  • Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran, serta kebersihan kelas (bertanggung jawab, disiplin)
Apersepsi
§  Apakah kamu sering mengalah jika kamu bertengar dengan saudara kamu ?
Motivasi
§  Bagaimana sikap kamu jika kamu di minta untuk mengalah dalam suatu hal ?
Kegiatan Inti
Eksplorasi
  • Peserta didik Menjelaskan arti mengalah untuk menang menurut pendapat mereka sendiri ( kreatif, mandiri, percaya diri, berfikir logis )
  • Peserta didik Menjelaskan maksud dari firman Tuhan yang terdapat dalam matius 5:39 ( kreatif, mandiri, berfikir logis )
  • Peserta didik Menjelaskan alas an kita perlu bersikap rendah hati ( kreatif, mandiri, berfikir logis )
Elaborasi
  • Peserta didik memberikan contoh sikap atau perbuatan mengalah untuk menang ( kreatif, kritis, percaya diri, mandiri )
  • Peserta didik mengambil hikmah dari bacaan Matius 5:39 ( mandiri, berfikir logis )
  • Peserta didik memberikan contoh teladan Tuhan Yesus saat membasuh kaki murid –muridNya ( berfikir logis, kreatif )
Konfermasi
§  Guru menanyakan kepada peserta didik mengenai materi yang telah disampaikan untukmengetahui kompetensi telah tercapai atua belum ( mandiri,percaya diri )
§  Guru memberikan tugas tertruktur kepada peserta didikmengenai materi pembelajaran ( mandiri,bertanggung jawab, disiplin, kreatif )
15 menit





















65 menit
Pertemuan Kedua 2 Jam Pelajaran ( 1 x pertemuan )
E. Tujuan Pembelajaran
  • Melalui Tanya jawab tentang mengalah untuk menang, peserta didik dapat Menyebutkan keuntungan orang yang mau mengalah
  • Melalui Tanya jawab tentang mengalah untuk menang, peserta didik dapat Menyebutkan hubungan antara sikap mengalah dengan hidup beriman
No
Kegiatan
Waktu
1




















2




















3
Kegiatan Pendahuluan
Informasi
§  Guru datang tepat waktu (contoh nilai yang ditanamkan : disiplin)
§  Guru mengucapkan salam dengan ramah kepada peserta didik ketika memasuki ruang kelas (relegius)
§  Berdoa bersama yang dipimpin oleh siswa yang ditunjuk , serta mendoakan teman yang tidak masuk/hadir karena sakit atau karena halangan lainnya(disiplin, relegius, peduli)
§  Mengabsen setiap peserta didik (disiplin)
  • Penyampaian KD, Indikatot/Tujuan pembelajaran  yang akan dicapai dan juga KKM (70) (disiplin, bertanggung jawab,patuh pada aturan)
§  Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus (disiplin)
  • Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran, serta kebersihan kelas (bertanggung jawab, disiplin)
Apersepsi
§  Apak yang kamu lakukan jika kamu di minta untuk mengalah ?
Motivasi
§  Sikap apa yang kamu lakukan apabila dalam diskusi kelas kamu diminta untuk mengalah ?
Kegiatan Inti
Eksplorasi
  • Peserta didik Menyebutkan keuntungan orang yang mau mengalah ( berfikir logis, mandiri, percaya diri )
  • Peserta didik Menyebutkan hubungan antara sikap mengalah dengan hidup beriman (berfikir logis, mandiri, percaya diri )
Elaborasi
§  Peserta didik memberikan contoh sikap orang yang mau mengalah ( kreatif,kritis,mandiri,percaya diri )
§  Peserta didik menyebutkan sikap Esau setelah ditipu Yakub adiknya mengenai hak kesulungan ( kritis, kreatif,mandiri )
§  Peserta didik menyebutkan teladan sikap Yusuf yang telah di fitnah istri Potifar ( kreatif,kritis, mandiri )
Konfermasi
§  Guru menanyakan kepada peserta didik mengenai materi yang telah disampaikan untukmengetahui kompetensi telah tercapai atua belum ( mandiri,percaya diri )
§  Guru memberikan tugas tertruktur kepada peserta didikmengenai materi pembelajaran ( mandiri,bertanggung jawab, disiplin, kreatif )
§  Pos tes
Kegiatan Penutup
§  Guru bersama peserta didik menyimpulkan materi yang telah dibahas ( kerjasama, saling menghargai, percaya diri )
§  Guru memberikan tugas tertruktur tentang materi yang telah disampaikan ( kerjasama, kreatif )
§  Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
§  Berdoa pada akhir pelajaran yang dipimpin oleh peserta didikyang ditunjuk ( percaya diri, mandiri )
10 menit




















60 menit




















10 menit
I. Sumber dan Media Pembelajaran
Ø  Alkitab
Ø  Buku Cermin Remaja Kelas 8
Ø  Kamus Besar Bahasa Indonesia
Ø  LKS Jamrut Kelas 8
Ø  Sahabat Sejati kelas 8
J. Penilaian  Hasil Belajar
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

  • Menjelaskan arti mengalah untuk menamg
  • Menjelaskan maksud dari firman Tuhan yang terdapat dalam matius 5:39
  • Menjelaskan alas an kita perlu bersikap rendah hati
  • Menyebutkan keuntungan orang yang mau mengalah
  • Menyebutkan hubungan antara sikap mengalah dengan hidup beriman

Tes Tertulis
Tes Uraian
  1. Menurut pendapat kalian apakah yang dimaksud mengalah untuk menang? Jelaskan !
  2. Apakah maksud Firman Tuhan dari Matius 5:39? Jelaskan !
  3. Bolehkah kita membalas kejahatan dengan kejahatan ? Jelaskan !
  4. Orang yang mengalah sering dianggap sebagai yang kalah, dan ia tidak memiliki?
5.      Bagaimana sikap Tuhan Yesus terhadap orang-orang yang telah menyalibkan_Nya? Jelaskan!

Kunci Jawaban :
1.      Suatu sikap yang tidak membalas kejahatan dengan kejahatan melainkan memberikan kesempatan kepada orang lain
2.      Mengasihi lawan atau musuh kita
3.      Tidak melainkan kita harus mendoakannya
4.      Harga diri
5.      Mengampuni





K. Norma Penilaian
No Soal
Skor
1
2
2
2
3
2
4
2
5
2
       
        Nilai = Jumlah Skor x 10
                 = 10 x 10
                 = 100

L.  Format Penilaian Diskusi
No
Nama
Aspek
Skor
Nilai
Ket
1
2
3
4















A. Keterangan Aspek                                     B. Skor
1. Keaktifan                                                    1. Sangat kurang
2. Penguasaan materi                                      2. Kurang
3. Kerjasama                                                   3. Cukup
4. Kedisiplinan                                                4. Baik
                                                                        5. Sangat baik

Pangururan,   Juli 2016
        Mengetahui
Kepala SMP NEGERI 1 PANGURURAN                           Guru Pendidikan Agama Kristen



 Teksin Oberia Simbolon, S.Pd                                               Nicolaus Sihotang, S.Pd.K
NIP. 196910021994122001                                                   NIP.-

2 komentar: